Thursday, March 21, 2019

English for Grade VII: Public Buildings

Lesson Topic: Asking and Giving Information about Public Buildings


Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.4 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan peserta didik sehari-hari, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait article a dan the, plural dan singular)
3.4.1. Menemukan nama bangunan publik dengan memperhatikan fungsi sosial dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi menggunakan pertanyaan ‘Where do you go to ....?’ terkait dengan bangunan publik

3.4.2. Menganalisis struktur teks dari teks interaksi transaksional tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah bangunan publik yang dekat dengan kehidupan peserta didik

3.4.3. Menerapkan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah bangunan publik dengan menggunakan preposition of place

4.4 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.4.1 Membuat dialog tertulis interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah bangunan publik yang dilihat peserta didik ketika pergi ke sekolah

4.4.2 Melakukan percakapan transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah bangunan publik yang dilihat peserta didik ketika pergi ke sekolah


Teaching Material

Asking and Giving Information about Public Buildings

a.       Social Function:
       To identify and to mention or name some public building around us
b.      The text structure:
- Opening
- Content



   - Closing
c.       Language Features
-       Some questions and statements related to public buildings

-       Articles a, an, and the
a’ and ‘an’ are called indefinite articles. Indefinite means not specific.
the’ is called a definite article. Definite means specific.

Examples:
I see an apartment. The apartment is on Jalan Siantar.
I see a market, a clinic, and some churches.
The market is Pekan Sidamanik, the clinic is Silaen Clinic
and the churches are HKBP and catholic church.

-       Preposition of Place

Examples:
SMP Negeri 1 Sidamanik is on Jalan Sarimatondang.
The restaurant is next to the bank.
The post office is near the school.
The the clinic is between the school and the market
The mini market is across from the bank.
The Hotel is in front of the store

-       Pronunciation

Learn more about asking and giving information about public building in the slides.   

Watch this video to know further about the topic "Preposition of Place" !



 Sumber Belajar
1.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris When English Rings a Bell SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Inggris When English Rings a Bell SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.    Kusmana, dkk. 2017. Buku Ringkasan Materi dan Latihan BRILIAN Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas VII. Bandung: Grafindo Media Pratama
4.      Echols, John M. & Hasan Shadily.  1996. Kamus Inggris Indonesia
5.   Universal Dictionary Dict Box Pro, Offline Universal Dictionary App for iOS & Android, Evolly App, Versi 6.3.8
6.      Internet:

https://youtu.be/Hk0A-L9aB94?t=149 (Public places and Preposition of Place) retrieved on 18th November 2018

1 comment:

  1. very well-done lesson plan. I get much information and guidance on how to arrange a good lesson plan for the future. Thank you so much for sharing this part...

    ReplyDelete