Lesson Topic: Asking and Giving Information about Public Buildings
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.4 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan peserta didik sehari-hari, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait article a dan the, plural dan singular) |
3.4.1. Menemukan nama bangunan publik dengan memperhatikan fungsi sosial dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi menggunakan pertanyaan ‘Where do you go to ....?’ terkait dengan bangunan publik
3.4.2. Menganalisis struktur teks dari teks interaksi transaksional tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah bangunan publik yang dekat dengan kehidupan peserta didik
3.4.3. Menerapkan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah bangunan publik dengan menggunakan preposition of place
|
4.4 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
4.4.1 Membuat dialog tertulis interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah bangunan publik yang dilihat peserta didik ketika pergi ke sekolah
4.4.2 Melakukan percakapan transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah bangunan publik yang dilihat peserta didik ketika pergi ke sekolah |
Teaching Material
Asking and Giving Information about Public Buildings
a.
Social
Function:
b.
The
text structure:
-
Opening
-
Closing
c.
Language
Features
‘a’
and ‘an’
are called indefinite articles. Indefinite means not specific.
‘the’
is called a definite article. Definite means specific.
Examples:
I
see an apartment. The apartment is on Jalan Siantar.
I
see a market, a clinic, and some churches.
The market is Pekan Sidamanik, the clinic is Silaen Clinic
and
the churches are HKBP and catholic church.
-
Preposition
of Place
Examples:
SMP
Negeri 1 Sidamanik is on Jalan
Sarimatondang.
The
restaurant is next to the bank.
The
post office is near the school.
The
the clinic is between the school and the market
The
mini market is across from the bank.
The
Hotel is in front of the store
Learn more about asking and giving information about public building in the slides.
Watch this video to know further about the topic "Preposition of Place" !
Sumber
Belajar
1.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku
Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris When English Rings a Bell SMP/MTs Kelas VII.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku
Siswa Mata Pelajaran Bahasa Inggris When English Rings a Bell SMP/MTs Kelas VII.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Kusmana,
dkk. 2017. Buku Ringkasan Materi dan
Latihan BRILIAN Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas VII. Bandung: Grafindo Media
Pratama
4.
Echols, John M. & Hasan
Shadily. 1996.
Kamus Inggris Indonesia
5. Universal
Dictionary Dict Box Pro, Offline Universal Dictionary App for iOS &
Android, Evolly App, Versi 6.3.8
6.
Internet:
https://en.islcollective.com/wsdownload.php?wsid=88666 (public-places-where-do-you-go-crosswords_88666.doc) retrieved on
18th November 2018
https://youtu.be/Hk0A-L9aB94?t=149 (Public places
and Preposition of Place) retrieved on 18th November 2018
very well-done lesson plan. I get much information and guidance on how to arrange a good lesson plan for the future. Thank you so much for sharing this part...
ReplyDelete